White Lie, Yes or No?

Suatu hari dibawah pohon yang rindang terlihat dua mahasiswi yang sedang asik mengobrol sambil menikmati makanan yang sudah mereka sediakan dari rumah. Meskipun matahari sedang berada diatas puncaknya namun hari itu angin berhembus membawa kesejukan yang menenangkan hati, tak terkecuali kedua mahasiswa tersebut.

Pelpo: “Pis lu ngelamunin apaan?”

Lupis:  “heh, ini nih gw masih mikirin kejadian kemaren.”

Pelpo:” kejadian apaan? Lu ketiban duit?”

Lupis: “duit aja pikiran lu”

Pelpo: “nah terus lu lagi mikirin apaan?”

Lupis: “ kemaren Po gw jalan-jalan kerumah sakit, nah terus tiba-tiba gw denger ada dokter bilang ke anak kecil “kamu gak papa sayang , kamu sehat-sehat aja kok. Kamu cuma perlu istirahat sebentar dirumah sakit supaya gak kecape’an” lha padahal gw liat tuh anak di rawat di ruangan khusus penderita kanker. Nah gw bingung, gw kasian ma tuh anak dibohongin ma dokternya, tapi gw juga gak tega kalo dia dikasih tau dia sakit apa. setau gw juga kita orang dewasa gak boleh bohongin anak kecil, tapi menurut lu gmana Po? Baiknya tuh anak di kasih tau atau gak penyakitnya?”

Pelpo: “ yah kalo menurut gw sih kasih tau ja, toh cepat atau lambat tuh anak bakal tau dia sakit apa.”

Lupis: “ tapikan Po kalo ternyata ketika dikasih tau tuh anak malah jadi tambah parah penyakitnya karena misalnya dia jadi stres, sedih, gak semangat lagi buat hidup, bahkan bisa jadi dia bunuh diri saking sedihnya. Kan dokter itupun bohong demi kebaikan tuh anak, supaya tuh anak tetep berpikiran positif dan supaya dia tetep semangat jalanin hidup.” 

Pelpo: “ yah kalau gw sih punya keyakinan kalo bohong mah tetep bohong, gak ada tuh bohong demi kebaikan. ibarat kata nih item tuh tetep item, gw gak mengenal kata “grey area” atau wilayah abu-abu. Setiap hal itu pasti punya kecondongan tersendiri, misalnya bohong kebanyakan bohong itu condong nya pada hal-hal yang negatif.”

Lupis:  “iya juga sih Po, tapi seperti yang lu bilang tadi bohong condong pada hal negatif nah berarti setidaknya bohong itu masih ada hal yang positifnya. Setiap hal terkadang dapat dimaknai dengan bermacam-macam misalnya kayak warna item tadi, warna item itu banyak bisa item pekat, item pudar, rada-rada item, abu-abu, item samar-samar dan banyak lagi. Nah kayak gitu juga bohong, bohong itu ada bohong item, bohong putih, dan bohong-bohong yang lain. Nah sekarang gw mau nanya sama lu, seumur hidup lu dari lu lahir ampe lu setua ini pernah gak sekali aja dalam hidup lu bohong?”

Pelpo: “ya pernah sih, bohong banget kalo gw gak perna bohong”

Lupis: “ nah kenapa lu bohong? apa alasan lu bohong?”

Pelpo: “banyak sih, terkadang karena terpaksa, kadang karena gak enak, gak tega, trus banyak deh”

Lupis: “ wah berarti lu sering juga ya bohong, hahahaha”

Pelpo: “ hehehe”  (nyengir kuda sambil garukin kepala yang gak gatel)

Lupis:  “Pelpo Pelpo, jadi gimana sekarang lu masih mau bilang kalo bohong putih itu gak ada? Kalo bohong putih itu gak boleh?”

Pelpo: “ bukan gitu sih, maksud gw kalo bisa dan sebisa mungkin yang namanya bohong itu kita hindari karena apapun yang terjadi bohong tetep ada dampak negatifnya.”

Lupis: “iiya Po pastilah maka dari itu kalo menurut gw ketika kita mau mengatakan suatu hal, tetep kita harus liat situasi dan kondisinya kalo emang kondisinya tidak memaksa kita untuk berbohong untuk apa kita berbohong, tapi kalo emang situasi dan kondisinya memaksa kita untuk berbohong karena mungkin misalnya kalo kita jujur malah bahaya atau banyak dampak negatinya ya kita bohong aja. Tapi ketika situasi sudah membaik dan sudah memungkinkan untuk kita ngomong yang sebenernya, kita omongin aja karena dia emang punya hak untuk tahu yang sebenernya.”

Pelpo: “iya Pis, bener juga yah pikiran gw jadi terbuka nih karena kita diskusiin ini.”

Lupis: “nah makanya Po banyak-banyak diskusi, jangan kuliah pulang mulu lu. Mumpung dirumah belum ada yang nunggu, kalo lu udah punya suami  udah susah  lu, paling cuma bisa diskusi ma tetangga ujung-ujungnya diskusiin orang alias ngegosip.... hahahaha”

Pelpo: “alah lu pikiran lu merit mulu, yaudah yuk masuk kekelas udah bel tuh”

Lupis: “udah bel, lu pikir sekolah.... hahahaha”

Sambil  tertawa mereka berlalu menuju kekelas, dengan hati puas tanpa tanda tanya lagi. Kedua mahasiswi terebut merupakan sahabat yang selalu berbagi apapun yang mereka rasakan dan mencari solusinya bersama-sama. Pohon itu telah menjadi saksi obrolan mereka yang mungkin akan terus menjadi tanda tanya oleh sebagian orang, namun tidak pada kedua mahasisiwi tersebut karena mereka sudah bersama –sama menemukan dan menyepakati jawabannya.


Oleh : Fitriyanti Herlinda Sari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar